Buku saku ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami konsep–konsep baru tentang rendah karbon (low carbon) agar lebih terarah. Penulis berharap bahwa buku saku ini juga dapat menambah referensi bagi siswa. Setelah mempelajari buku saku ini siswa dapat memahami dan menerapkan pola rendah karbon dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu meningkatkan literasi lingkungan siswa terkait dengan karbon. Penulis berusaha menyusun buku saku ini sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru sehingga dapat terjadi kegiatan belajar mengajar yang lebih komunikatif dan optimal.
Dalam buku saku ini memuat tentang uraian materi-materi yang berkaitan dengan ”rendah karbon”. Diantaranya adalah Rendah Karbon & Efek Rumah Kaca; Pemanasan Global; Perubahan Iklim; Kebijakan Terkait Dekarbonisasi; dan juga Gaya Hidup Rendah Karbon. Sajian setiap kegiatan diawali degan cerita menarik terkait materi. Selanjutnya materi disajikan dalam bentuk teks dan dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung serta beberapa animasi dan video dalam webnya. Dalam setiap kegiatan belajar selalu disajikan pertanyaan-pertanyaan probing yang bertujuan untuk membantu siswa belajar. Beberapa aktifitas diarahkan untuk dikerjakan baik secara kelompok atau individu. Bila buku saku ini akan digunakan sebagai bahan pengayaan, pembelajaran disarankan degan metode diskusi dan penugasan.
Buku saku “Hidup Nyaman dengan Pola Rendah Karbon” ini diperuntukkan bagi siswa SD sebagai tambahan pengetahuan tentang bagaimana kita hidup dengan tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan sekitar kita. Selain itu, buku saku ini dikemas dengan banyak kegiatan yang mendorong siswa berlatih keterampilan dan berpikir siswa. Pemahaman setiap materi pada buku saku ini sangat diperlukan karena materi ini saling berkaitan, serta buku saku ini memberikan pemahaman dan keterampilan kepada siswa untuk memahami tentang hidup dengan pola rendah karbon. Akhirnya, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku saku ini, semoga dapat memberikan andil dalam kemajuan siswa. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan buku saku ini. Untuk itu, kritik dan saran bagi kesempurnaan buku saku ini sangat kami harapkan. Semoga buku saku ini dapat memberikan manfaat bagi dan mampu meningkatkan literasi lingkungan siswa dalam penerapan di kehidupan sehari – hari.